Langsung ke konten utama

GENERASI NEGERIKU

SKENARIO

OLEH
DEVI VEVIANI
(Genre: FIKSI)

Pemeran Utama         : Nindy
Pemeran Pendukung : Ranty
                  Ibu Nindy

Sinopsis : Nindy, mahasiswi jurusan Jurnalistik berupaya untuk memberikan solusi agar generasi muda dapat menjadi penentu keberhasilan Negerinya. Dia mulai menulis petisi untuk menggalang suara agar pemerintah dan masyarakat bersatu padu untuk memperhatikan generasinya. Bersama Ranty, teman sekelasnya, Nindy mencoba untuk tidak menyerah agar prestasi generasi tak hanya sekadar prestasi, namun juga berguna untuk Negeri.

Scene 1. EXT/INT.
[CUPLIKAN VIDEO DAN GAMBAR]
Ditampilkan berbagai prestasi anak-anak muda Negeri, mulai dari dalam negri hingga luar negeri. Ada yang menjuarai berbagai olimpiade, berhasil membuat penemuan baru, dan pengabdiannya sebagai generasi bangsa.
Ditampilkan berbagai permasalahan yang terjadi di Negri ini, mulai kemiskinan, korupsi, kurangnya kepedulian pemimpin Negri ini terhadap karya dan upaya anak bangsa.

Scene 2. EXT/INT - Rumah Nindi - PAGI

Seperti biasa, Nindi bersiap untuk berangkat ke kampus bersama salah satu kawannya dengan menaiki sepeda motor.

NINDI
BU, NINDI BERANGKAT YA (salim kepada ibunya) ASSALAMUALAIKUM

IBU RANTY
YA, HATI-HATI YA, WAALAIKUMSALAM

CUT TO
Nindi menaiki sepeda motornya menuju rumah Rasty teman satu kampusnya yang biasa berangkat ke kampus bersama.

NINDY
ASSALAMUALIKUM RASTY

RASTY
WAALAIKUM SALAM NIN, SEBENTAR YA

NINDY
YOO SIAP

RASTY
YUK BERANGKAT

NINDY
UDAH NIH BENER? NANTI ADA LAGI YANG KETINGGALAN, BALIK LAGI. KEBIASAAN LU MAH KAN

RASTY
KAGAK, UDAH SEMUA INI

SCENE 3. FADE OUT/FADE OUT - KAMPUS - PAGI

Sambil turun dari motor, Nindi memulai obrolan singkat dan berjalan hingga ke depan kelas.

NINDY
EH LU TAU GAK KABAR TERBARU TUH, PENEMUAN BARU LAGI

RASTY
APAAN NIN? GUA BELUM BUKA BERITA BARU NIH

NINDY
ANAK UNIVERSITAS TIMUR NYIPTAIN LAMPU SEUMUR HIDUP!

RASTY
SERIUS LU? BARU GUA DENGER KEMARIN ADA LEMARI ES TANPA LISTRIK TEMUAN SISWA SD KEJORA

NINDY
EMANG BANYAK BANGET SEBENERNYA PENEMUAN ANAK-ANAK MUDA NEGERI KITA TUH. TIAP HARI ADA KAYANYA MAH

RASTY
IYA, SAYANG BANGET SEBENERNYA KALO CUMA BUAT DITAYANGIN DI TV ATAU ONLINE, ABIS ITU UDAH.

NINDY
HARUSNYA KAN KALO UDAH ADA DI MEDIA, BANYAK YANG MELIHAT YA, TAPI KOK YA GAK ADA TINDAK LANJUTNYA

SCENE 4. - RUANG KELAS - PAGI
Nindy pun mulai berfikir tentang cara yang bisa dilakukan agar prestasi anak bangsa ini dapat menjadi senjata utama kemajuan bangsa. Nindy berfikir bahwa bukan tidak mungkin Negrinya menjadi negara maju dengan segala potensi yang dimilikinya.

NINDY
EH RASTY, GUA PUNYA IDE NIH BUAT ANAK-ANAK MUDA KITA YANG UDAH MENGHARUMKAN NAMA NEGERI KITA

RASTY
APAAN IDE LU? JANGAN YANG ANEH-ANEH YA, LU KAN SUKA KELEWAT KREATIP NIH.

NINDY
INI NIH, UDAH TAKUT DULUAN BELUM PERANG JUGA

RASTY
KAN GUA MENGANTISIAPSI AKAN HAL-HAL YANG DI LUAR KETIDAKMAMPUAN KITA

NINDY
HALAH, LU ASAL GINIAN BIJAK LU

RASTY
HAHAHA, YAUDAH APAAN IDE LU?

NINDY
JADI GINI, KITA BIKIN PETISI MENDUKUNG PENGEMBANGAN KARYA ANAK BANGSA SEBAGAI UPAYA MEMAJUKAN NEGERI KITA RAS. JADI KITA BIKIN CARA BERPIKIR BARU BAHWA KITA BISA MAJU KALAU ANAK BANGSA DIBERDAYAKAN DENGAN BAIK.

RASTY
(mencoba mendengarkan, tetapi gagal paham)

NINDY
PASTI LU GAK NGARTI NIH. IYA KAN?

RASTY
NGERTI KOK GUE.

NINDY
APAAN?

RASTY
(NYENGIR) DIKIT.

NINDY
ADUH TEMEN GUE SATU INI, MESTI DETAIL YA. GAMPANG NTAR GUA LANJUT LEBIH JELASNYA DI RUMAH LU, SEKALIAN TUGAS SKENARIO NIH GUA BELUM. HAHA

RASTY
AH LU MAH GAK HERAN, APA-APA DEADLINE. IYADAH SIAP

Percakapan Nindy dan Rasty terpotong jam mata kuliah yang segera dimulai. Akhirnya, obrolan dilanjutkan di rumah Rasty seperti yang dijanjikan Nindy.

Scene 5 INT. RUMAH RASTY - SORE HARI
Buku-buku dan laptop siap di ruang tamu rumah Rasty. Nindy dan Rasty pun melanjutkan percakapan yang sempat tertunda di ruang kelas sebelumnya.

NINDY
NIH, RASTY GUA TUNJUKIN PETISINYA. DENGAN BEGINI, ORANG-ORANG AKAN LIHAT DAN TERUS MENDUKUNG GERAKAN KITA INI UNTUK GENERASI BANGSA

RASTY
OH, JADI INI PETISI ITU NIN. BERARTI KITA HARUS SHARE KEMANA AJA BIAR PETISI KITA DILIHAT BANYAK ORANG, DAN PEMBERDAYAAN SDM KITA MAKSIMAL.

NINDY
TUMBEN LU NYAMBUNG JUGA. ALHAMDULILLAH

RASTY
YEEUU, NGEJEK LU YA. YAUDAH LAH YUK KITA AJAK TEMEN-TEMEN KITA DULU NIH.

NINDY
SIAP BOSSKU

SCENE 5 [TAMPILAN HARI DEMI HARI DUKUNGAN UNTUK PETISI ‘’PERHATIAN TERHADAP GENERASI NEGERI DAN LIKA-LIKU PERJALANAN]

Hari berganti, petisi menunjukkan perkembangan yang baik, hingga pada akhirnya mencapai 50 juta orang yang menandatangani petisi tersebut. Bukan hal mulus mencapai hal tersebut, bahkan jatuh bangun dan adu mulut dengan petinggi Negeri. Namun itu dilewati karena Nindy dan Rasty mendapat dukungan dari generasi yang ada di dalam negeri dan luar negeri sehingga pemerintah lebih perhatian dan turut membangun bangsa dengan mengandalan dan percaya pada kemampuan generasi bangsa.

SCENE 6 [KEBERHASILAN NEGERI KARENA MAU MENGHARGAI HASIL KARYA ANAK BANGSA DAN TIDAK LAGI TERBELENGGU DALAM KETERGANTUNGAN YANG MEMBUBARKAN BANGSA]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“PENELITIAN PERNIKAHAN ANTARBUDAYA JEPANG DAN INDONESIA” MATA KULIAH KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA

“PENELITIAN PERNIKAHAN ANTARBUDAYA JEPANG DAN INDONESIA” MATA KULIAH KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA Bekasi, 20 November 2016 Preparing The Future DI SUSUN OLEH: ADE IRMA SURYANI (41182037150049) DEVI VEVIANI (41182023150051) TRI JAYA NUR FIARTO (41182037150058) DOSEN PEMBIMBING: TIN HARTINI S. Ag., M. Si. FAKULTAS: KOMUNIKASI, SASTRA & BAHASA PROGRAM STUDI: ILMU KOMUNIKASI (B) TAHUN AJARAN: 2016/2017 UNIVERSITAS ISLAM “45” BEKASI Jl. Cut Meutia No. 83 Bekasi 17113 Telp.Fax : (021) 8808853 www.unismabekasi.ac.id KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan nikmat serta hidayah-Nya, sehingga pembuatan penelitian sederhana kami yang berjudul “Penelitian Pernikahan Antarbudaya Jepang dan Indonesia” dapat terselesaikan. Tugas ini diajukan untuk pelaksanaan UAS semester tiga yang rencananya akan dilaksanakan pada 4 Januari 2016, sebagai pemenuhan nilai akhir Ujian Akhir Semester. Kami ingin mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pem...

Bedah Buku LOGIKA Drs. H. Mundiri Bab 4

KLASIFIKASI A.       PENGERTIAN Klasifikasi adalah pengelompokan barang yang sama dan memisahkan dari yang berbeda menurut spesianya. Para ilmuan membuat klasifikasi ilmu menjadi tiga golongan besar: 1.       Ilmu-ilmu sosial 2.       Ilmu-ilmu kealaman 3.       Ilmu-ilmu humaniora Pengelompokan barang-barang ini tidak lain agar kita mudah dalam berhubungan dengan benda-benda itu. Ada dua macam cara membuat klasifikasi: 1.         PEMBAGIAN (Logical Division) Adalah membagi suatu jenis kepada spesia yang dicakupnya. ·          Definisi yang telah kita pelajari membahas pengertian kata sedangkan pembagian membicarakan denotasinya. ·          Jika definisi merupakan analisi konotasi maka pembagian merupakan analisis denotasi. ·   ...

ANALISIS KOMUNIKASI BAHASA PENGGUNA FACEBOOK MENGGUNAKAN TEORI KOMUNIKASI MEDIA SIBER DAN TEORI TECHNOLOGICAL DETERMINISM

MAKALAH UJIAN AKHIR SEMESTER II Bekasi, 8 Juni 2016 Diajukan sebagai Pemenuhan nilai UAS Mata Kuliah Teori Komunikasi   Preparing The Future ANALISIS KOMUNIKASI BAHASA PENGGUNA FACEBOOK MENGGUNAKAN TEORI KOMUNIKASI MEDIA SIBER DAN TEORI TECHNOLOGICAL DETERMINISM DISUSUN OLEH: ANGGITA PUSPITASARI (411820371500 DEVI VEVIANI (41182037150051) M. RIZKY NANDA (411820371500 M. RIFKY AMBARI (41182037150053)           DOSEN PEMBIMBING : WINDA PRIMASARI, m. s i. FAKULTAS : KOMUNIKASI, SASTRA DAN BAHASA PROGRAM STUDI : ILMU KOMUNIKASI (KELAS B) TAHUN AJARAN : 2015/2016 UNIVERSITAS ISLAM “45” BEKASI Jl. Cut Meutia No. 83 Bekasi 17113 Telp.Fax : (021) 8808853 www.unismabekasi.ac.id DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ........................................................................................ 3 1.2 Rumusan Mas...