1. Broadcaster / Tenaga di Dunia Penyiaran
Menjadi produser, sutradara,
reporter, copy writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran,
adalah salah satu prospek kerja yang paling empuk dari dunia Ilmu Komunikasi.
Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses
menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun
surat kabar kepada masyarakat. Nah, dalam proses penyampaian pesan itulah
lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan
yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya.
Bidang kerja broadcasting biasanya ditempatkan di stasiun televisi,
radio, ataupun kantor – kantor surat kabar, tabloid maupun majalah.
Sumber: https://www.google.co.id/
2. Jurnalis
Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi. Studinya
yang mempelajari bagaimana mengemas suatu berita menjadi sebaik mungkin untuk
dapat disebarkan ke masyarakat luas, merupakan salah satu bentuk bagaimana
seseorang dapat menyampaikan pesan secara efektif melalui suatu media. Dalam
dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik merupakan mata kuliah wajib yang harus
dipelajari. Kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya,
serta kemampuan menyampaikan dan memilih memilah mana berita yang layak untuk
disebarkan dan mana yang tidak layak disebarkan, menjadi beberapa hal yang bisa
diperoleh dari mempelajari jurnalistik. Jurnalistik memang ilmu yang dapat
dipelajari oleh siapapun, tidak harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan
Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik
ini. Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news
anchor (penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi,
radio ataupun surat kabar cetak.
Sumber: https://www.google.co.id/
3. Announcer dan Presenter
Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik
perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu
Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang
announcer atau penyiar radio, hingga menjadi seorang presenter di televisi,
baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip, dan lain – lain. Lulusan Ilmu
Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam
menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi
penyiar atau presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan
Ilmu Komunikasi.
https://www.google.co.id/search?q=ilmu+komunikasi&biw
4. Master of Ceremony (MC)
Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah
media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai
perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik,
pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur
– unsure komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara
otodidak, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian menjadi MC yang
dipelajari dalam studinya.
https://www.google.co.id/search?q=ilmu+komunikasi&biw
5. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat
Mewakili perusahaan dalam setiap
waktu, menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis
pada seluruh klien perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang Public
Relations atau humas. Ya, profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja
yang sangat menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang Public Relations
harus selalu memutar otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada
masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang
baik. Menantang, bukan?
https://www.google.co.id/search?q=ilmu+komunikasi&biw
6. Event Organizer
Merancang perhelatan event yang
besar, mengemas sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang ingin disampaikan,
hingga mengatur acar sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang
baik, adalah beberapa wujud tujuan dari strategi seorang event organizer.
Melalui sebuah event, sebuah tim event organizer diharapkan mampu menyampaikan
sebuah pesan atau makna tertentu dan mewujudkan good reputation dari si
penyelenggara. Disitulah tantangannya. Menjadi event organizer ini sangat
asyik, lho. Seperti bekerja sambil bermain. Penghasilannya pun bisa terbilang
cukup fantastis. Tertarik?
https://www.google.co.id/search?q=ilmu+komunikasi&biw
7. Praktisi Periklanan / Advertising
Iklan! Ya, terdengar sepele, namun mempengaruhi kita, kan?
Salah satu dalang dan tangan – tangan kreatif di balik berbagai iklan yang
bertebaran di berbagai media ini adalah lulusan Ilmu Komunikasi, lho. Mereka
berusaha mempengaruhi publik dengan pesan – pesan produk barang ataupun jasa
yang ingin disampaikan, melalui pesan dan media yang unik serta kreatif agar
siapapun yang melihatnya tergugah untuk membeli, menggunakan ataupun
mempercayainya. Proses penyampaian pesan yang menarik, kan! Dalam iklan,
semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula
iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu
Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, camera
person, media planner, dan lain – lain.
https://www.google.co.id/search?q=ilmu+komunikasi&biw
8. Marketing Communications
Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi orang yang duduk
manis di kantor, menyusun dan merancang strategi – strategi komunikasi
pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Ya, menjadi marketing communications
tidak semata – mata mengedepankan unsure pemasaran dari ilmu bisnis saja.
Lulusan Ilmu Komunikasi diharapkan dapat mejadikan pemasaran menjadi lebih
efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang
tepat dilihat dari segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan mau
seperti apa tujuan yang diharapkan. Hal ini tentu menantang bagi siapapun yang
menjalaninya.
https://www.google.co.id/search?q=ilmu+komunikasi&biw
Itulah 8 prospek kerja terbaik bagi lulusan Ilmu Komunikasi.
Sesuaikah dengan minat anda?
Sumber:
Diakses 30 November 2015
Komentar
Posting Komentar